Jumat, 09 Januari 2009

One of my student (part one)


Nama anak ini Aldi, dia sekolah di SMP Yakobus, Klapa Gading kelas 7. Aldi adalah salah satu murid gue. Dia senengnya ngelamun dan hidup dalam hayalannya sendiri, susah bgt buat konsentrasi.Hihihi.Aldi suka ma pelajaran English dan paling benci matematika.Padahal gue paling suka matematika.Kl disuruh ngerjain matematika (ambil contoh untuk ngitung luas & keliling), aldi tuh lamaaaaaaaa banget. Sebentarnya aldi tuh lamanya gue.1 soal gampang rata-rata dia butuh waktu 5-7 menit.Kalo soal sudah gue kombinasi, 1 soal bisa ngabisin waktu 15-20 menit.
Aldi anak yang baik dan rajin belajar tapi dia ada masalah dengan konsentrasi sehingga rata-rata dia dapet nilai 7. Tapi nggak jarang juga dapet nilai 9. Kl 3x dapet nilai 9, aldi akan dapet hadiah. Karena itu sekarang dia lebih berusaha untuk dapet nilai 9.
Hal yg memprihatinkan dari aldi: selama 4 bulan gue ngajar aldi, gue sudah 2 kali ngeliat dia nangis. Alasan nangisnya karena aldi dapet nilai jelek trus dipukul, dijambak, dicubit dan kadang ditampat. Biasanya kl lagi nangis, dia suka bilang "ci, kepala aku sakit nih." or kadang bilang "ci, kita belajar sampe malem ya biar aldi entar nggak ditanyain mami lagi." Kalo denger dia bilang kayak gitu, gue jadi kasian.
Gue pikir semua orang pasti ingin mendapat yang terbaik.Semua orang pasti berusaha untuk dapet yang paling bagus. Gue yakin aldi juga melakukan hal yang sama. Gue pikir saat ini banyak orang tua yang memaksakan kehendak mereka, ego mereka, gengsi mereka melalui anak mereka. Gue ngajar aldi kadang seminggu 3 kali, kadang seminggu 5 kali. Aldi, bisa dibilang nggak pernah dapet nilai 5. Tapi mungkin stantar nilai jelek di keluarga mereka adalah 7.
Icha

Tidak ada komentar: